Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsep Dasar Keperawatan Anak Ppt

Konsep dasar keperawatan anak ppt

Konsep dasar keperawatan anak ppt

“Keperawatan anak adalah asuhan keperawatan pada anak yang berpusat pada keluarga dan upaya pencegahan trauma pada anak,” ujar Dosen Fakultas Keperawatan Unpad, Henny Suzana Mediani, M.Ng., PhD. Menurut Henny, ada dua aspek yang menjadi filosofi keperawatan anak.

Keperawatan anak meliputi apa saja?

Praktik keperawatan anak mencakup kontrak dengan anak dan keluarga untuk mencegah, mengkaji, mengintervensi dan meningkatkan kesejahteraan hidup, dengan menggunakan proses keperawatan yang sesuai dengan aspek moral (etik) dan aspek hukum (legal).

Prinsip prinsip apa saja yang perlu diperhatikan dalam keperawatan anak?

Dalam keperawatan anak, perawat harus mengetahui bahwa prinsip keperawatan anak adalah : Anak bukan miniatur orang dewasa. Anak sebagai individu unik & mempunyai kebutuhan sesuai tahap perkembangan. Pelayanan keperawatan anak berorientasi pada pencegahan & peningkatan derajat kesh, bukan mengobati anak sakit.

Apa tugas keperawatan anak?

Perawat anak mempunyai kontrak kepada anak dan keluarga dalam meningkatkan kesejahteraan yang berlandaskan pada proses keperawatan sesuai dengan moral (etik) dan aspek hukum (legal). Tujuan keperawatan pada anak untuk meningkatkan maturasi atau kematangan dan berfokus pada pertumbuhan dan perkembangan anak.

Apa tujuan utama dari keperawatan anak?

Asuhan keperawatan anak berfokus pada optimalisasi tumbuh kembang anak melalui pendekatan yang komprehensif untuk menyelesaikan permasalahan biopsikososialspiritual dalam rentang sehat sakit dan kondisi akut, kronik, maupun mengancam kehidupan.

Prinsip prinsip apa sajakah dalam family centered care?

Beberapa prinsip Family Centered Care meliputi:

  • Menghormati setiap anak dan keluarganya.
  • Menghargai perbedaan suku, budaya, sosial, ekonomi, agama, dan pengalaman tentang sehat sakit yang ada pada anak dan keluarga. ...
  • Mengenali dan memperkuat kelebihan yang ada pada anak dan keluarga.

Apa yang dimaksud dengan discharge planning?

Discharge Planning adalah suatu proses yang sistematis dalam pelayanan kesehatan untuk membantu pasien dan keluarga dalam menetapkan kebutuhan, mengembangkan dan mengimplementasikan serta mengkoordinasikan rencana perawatan yang mungkin dilakukan setelah pasien pulang dari rumah sakit dalam upaya meningkatkan atau

Apa yang dimaksud dengan tumbuh kembang?

Tumbuh adalah bertambahnya ukuran fisik, seperti berat dan tinggi badan. Kembang ialah bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh menjadi lebih kompleks, seperti kemampuan bayi bertambah dari berguling menjadi duduk, berdiri, dan berjalan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan family centered care?

Family Centered-Care (FCC) adalah pendekatan keperawatan yang melibatkan keluarga dalam pemberian asuhan keperawatan kepada anak.

Kode etik keperawatan ada berapa?

Terdapat 7 prinsip etik keperawatan yaitu yaitu; otonomi (menghormati hak pasien), non malficience (tidak merugikan pasien), beneficience (melakukan yang terbaik bagi pasien), justice (bersikap adil kepada semua pasien), veracity (jujur kepada pasien dan keluarga), fidelity (selalu menepati janji kepada pasien dan

Kode etik keperawatan apa saja?

Prinsip Etik dalam Keperawatan

  • a. Otonomi (Autonomy)
  • b. Berbuat baik (Beneficience) ...
  • c. Keadilan (Justice) ...
  • d. Tidak merugikan (Nonmaleficience) ...
  • e. Kejujuran (Veracity) ...
  • f. Menepati janji (Fidelity) ...
  • g. Kerahasiaan (Confidentiality) ...
  • h. Akuntabilitas (Accountability)

Apa itu beneficence dan contohnya?

Beneficence (Berbuat Baik) Contoh perawat menasehati klien tentang program latihan untuk memperbaiki kesehatan secara umum, tetapi perawat menasehati untuk tidak dilakukan karena alasan risiko serangan jantung.

Apa yang dimaksud dengan maternitas?

Keperawatan maternitas merupakan salah satu bentuk pelayanan profesional keperawatan yang ditujukan kepada wanita pada masa usia subur (WUS) berkaitan dengan sistem reproduksi, kehamilan, melahirkan, nifas, antara dua kehamilan dan bayi baru lahir sampai umur 40 hari, beserta keluarganya, berfokus pada pemenuhan

Apa yang dimaksud dengan atraumatic care?

5. Atraumatic care atau asuhan atraumatik adalah penyediaan asuhan terapeutik dalam lingkungan oleh seseorang (personal) dengan melalui penggunaan intervensi yang menghilangkan atau memperkecil distres psikologis dan fisik yang dialami oleh anak-anak dan keluarga mereka dalam sistem pelayanan kesehatan.

Apa yang dimaksud dengan intervensi keperawatan?

Intervensi keperawatan adalah panduan untuk perilaku spesifik yang diharapkan dari klien, dan atau/atau tindakan yang harus dilakukan oleh perawat. Intervensi dilakukan untuk membantuk klien mencapai hasil yang diharapkan (Deswani, 2009).

Mengapa perawat perlu menerapkan atraumatic care saat melakukan asuhan keperawatan pada anak?

Atraumatic care merupakan salah satu filosofi atau dasar dalam penerapan pelayanan asuhan keperawatan pada anak. Tujuannya adalah untuk mengurangi dampak trauma saat menjalani perawatan fisik pada anak maupun keluarga (Hockenberry & Wilson, 2013).

Siapa yang pertama kali mengadakan pelatihan cara merawat pasien gangguan jiwa?

Pada tahun Tahun 1843, Thomas Kirkbridge mengadakan pelatihan bagi dokter di rumah sakit Pennsylvania mengenai cara merawat pasien gangguan jiwa.

Apa yang dipelajari dalam ilmu keperawatan?

Jurusan Keperawatan adalah ilmu yang mempelajari cara memberikan pelayanan terhadap pasien guna mencapai derajat kesehatan yang optimal. Perawat bukanlah asisten dokter, melainkan mitra seorang dokter yang bekerja untuk membantu kesembuhan pasien.

Bagaimana penerapan family centered care di ruang anak?

Penerapan FCC yang dilakukan adalah memandang keluarga sebagai mitra dan kehormatan, berbagi informasi, partisipasi, dan kolaborasi. Penerapan FCC memiliki manfaat yaitu meningkatkan kontak batin antara ibu dan bayi, keluarga dapat merawat bayi dan mempercepat proses penyembuhan pada bayi.

Manakah yang mendasari pendekatan family centered care dalam perawatan anak?

Terdapat dua konsep yang mendasari family centered care atau asuhan yang berpusat pada keluarga yaitu fasilitasi keterlibatan orangtua dalam perawatan dan peningkatan kemampuan keluarga dalam merawat anaknya.

10 Konsep dasar keperawatan anak ppt Images

Pin by Hodayfa alyamani on    Medical wallpaper Nursing

Pin by Hodayfa alyamani on Medical wallpaper Nursing

Pin on BOOK

Pin on BOOK

Poster Pendidikan Muat Turun Foto Poster Pendidikan di 2020 Dengan

Poster Pendidikan Muat Turun Foto Poster Pendidikan di 2020 Dengan

The excellent Nursing Backgrounds For Powerpoint  Health And Medical

The excellent Nursing Backgrounds For Powerpoint Health And Medical

Two Children Are Reading Al Quran In Front Of The Blank Board  Islamic

Two Children Are Reading Al Quran In Front Of The Blank Board Islamic

Background Power Point Terbaik  Animasi Bergerak  Gambar Animasi

Background Power Point Terbaik Animasi Bergerak Gambar Animasi

Primary School Student Award Poster Background Material  Award poster

Primary School Student Award Poster Background Material Award poster

Students Going To School On The Road Advertising Background

Students Going To School On The Road Advertising Background

Pin on Pictures

Pin on Pictures

Post a Comment for "Konsep Dasar Keperawatan Anak Ppt"